Tips Menjadi Pribadi Yang Kalem dan Tidak Anarkis

Posted on 538 views

Sebelum kita membahas lebih jauh, mari cari tahu dulu pengertian anarki. Silahkan baca di sini, tidak akan kami tulis karena nanti kepanjangan. Kalau sudah, mari kita lanjut.

Kapolda Metro Jaya mengadakan konferensi pers Sabtu (11/4) lalu yang menjelaskan tentang rencana para anarko menjarah seluruh pulau Jawa.

Kita tidak akan membahas isi konferensi pers tersebut, ini bukan portal berita. Kali ini kita akan membahas bagaimana caranya survive dalam kondisi lockdown saat ini. Berikut adalah beberapa tips menjadi pribadi yang kalem, tidak panik, bodoamat dan yang utama, tidak terprovokasi menjadi anarkis.

Photo by Stoner on Unsplash
  • Dekatkan Diri dengan Yang Maha Kuasa

Tips pertama dan yang utama, adalah mendekatkan diri dengan Tuhan. Tolong jangan disalah-artikan. Maksud mendekatkan diri disini bukan nyuruh buat mati ya. Tapi memperbanyak ibadah. Coba bayangkan. Kapan terakhir kali kita melaksanakan ibadah sholat 5 waktu di rumah bersama keluarga? Kapan terakhir kali kita menyempatkan waktu untuk membaca Al-Qur’an walau hanya beberapa ayat saja? Kapan terakhir kali kita punya waktu untuk curhat secara live kepada Yang Maha Kuasa, Yang Maha Memiliki Segalanya? Kenapa kita tidak mensyukuri waktu yang telah diberikan ini untuk istirahat sejenak dari perkara duniawi?


  • Banyak-Banyaklah Membaca

Membaca adalah hal paling mendasar dan paling penting dalam berilmu. Saking pentingnya, dalam ajaran Islam kita tahu bahwa wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad adalah surah Al-Alaq ayat 1-5, dengan kata pertama yaitu Iqra’. Jadi mulailah perbanyak baca buku yang nyata ilmunya, dan berhentilah menyebarkan broadcast WhatsApp tentang teori konspirasi yang tidak jelas sumbernya itu! Aku yakin kalian bahkan tidak membaca sama sekali isinya dan hanya terpengaruh dengan judulnya saja.


  • Beradaptasi

Setelah berhasil menenangkan hati, mewaraskan pikiran, serta menambah wawasan diri sendiri dan tidak lagi apatis, langkah berikutnya adalah beradaptasi. Adaptasi untuk terus melanjutkan hidup. Merubah pola kesibukan dan kembali produktif dengan cara yang berbeda. Terutama untuk para pekerja, sebenarnya ada banyak peluang lain untuk tetap mendapatkan penghasilan dengan memanfaatkan teknologi (akan dibahas dalam artikel yang lain). Untuk apa hanya mengeluh entah pada siapa dan menyalahkan keadaan, toh semuanya sudah kejadian, bukankah hidup harus tetap berjalan?


  • Marathon Film

Dan yang terakhir, ini adalah optional dikala jenuh. Kita bisa menamatkan tontonan kesukaan kita, yang sebelumnya mungkin kita tidak punya banyak waktu. Bisa TV Series, Anime, atau mungkin yang sudah pernah kalian tonton sebelumnya. Jangan pernah bosan menonton film kesukaan kalian. Karena meskipun ditonton berulang kali, alur ceritanya memang tidak akan berubah. Tapi percaya atau tidak sudut pandang kita dalam menilai film tersebut akan berbeda.


Pada dasarnya anarki adalah sebuah paham yang tidak merugikan sama sekali jika diterapkan dengan benar. Namun sayangnya, sekarang bukanlah waktu yang pas. Bagaimana pun juga negara sebesar ini masih membutuhkan pemerintah untuk mengatur segala sesuatunya.

Jadi pembaca sekalian, tolong ditahan dulu jiwa-jiwa memberontak kalian itu. Karena bahwasannya janganlah mengambil tindakan dalam kondisi emosi nan panik. Yang harus dilakukan pertama kali adalah menyelamatkan kewarasanmu itu. Berdamailah dengan diri sendiri.