Begini Ternyata Tips Melupakan Mantan

Posted on 216 views

bacakonten.com | Haloo para pembaca konten, masalah asmara yang udah akrab dengan kehidupan kita.

Putus cinta sudah pasti menyakitkan, apalagi bila pikiran kamu terus saja kembali pada lagi mantan. kamu mungkin merasa bahwa pikiran yang terus menghantui itu menghalangi proses melangkah untuk maju atau bahasa kerenya move on, tak peduli apakah hubungan tersebut baru berakhir atau kamu masih sulit melupakannya setelah beberapa bulan. nah, di artikel kali ini ada sedikit tips yang mungkin bisa membantu, beberapa teknik yang dapat membantu kamu menerima bahwa hubungan cinta telah berakhir dan kemudian berhenti memikirkan mantan.

Bicaralah Dengan Seseorang Yang Kamu Percaya.

Kadang kamu hanya membutuhkan seseorang untuk mendengarkan, bukan untuk memberikan saran. Walaupun kamu terkadang tidak mengerti kenapa semua ini terjadi, berbicara dengan seseorang yang kamu percaya dapat membantu kamu menerima bahwa hubungan kamu memang telah berakhir.
Jika kamu tidak merasa nyaman membicarakannya kepada keluarga dan teman, bisa dengan mempertimbangkan untuk menemui terapis atau bergabung dengan forum grup pendukung di internet yang biasanya jadi ajang curhat dan kamu tetap aman dengan privasi kamu.
Mungkin akan membantu jika kamu berpura-pura seperti berbicara dengan mantan tentang semua kesedihan yang kamu pendam. Ini memungkinkan kamu membicarakan semua perasaan tanpa benar-benar menciptakan kontak atau pertemuan dengan mantan dan membantu kamu menerima kenyataan.

Buang rasa amarah

bila kamu terlalu terobsesi terhadap sesuatu yang menyakitkan, yang dilakukan oleh mantan terhadap kamu, kamu tidak akan pernah dapat melupakannya.
Sebesar apapun kemarahan yang kamu rasakan, kamu harus sesegera mungkin berhenti mengingat-ngingat pikiran

Saat berusaha mengatasi pikiran yang terus saja menghantui, kamu perlu menghadapinya dengan kuat karena itu akan membantu kamu, jangan lemah yakinlah kamu bisa dan kuat. Renungkan mengapa kamu memikirkan hal itu, bagaimana pikiran itu mungkin menyimpang atau tidak benar, dan pengaruh negatif apa yang dihasilkan pikiran tersebut pada kamu sekarang. Semakin kamu mengakui adanya pikiran tersebut, semakin mudah bagi kamu untuk melepaskannya dan melupakanya.

Terus Terang Kepada Diri Sendiri

sehabis berpisah dari mantan, kerap kali seseorang tak jujur kepada diri sendiri mengenai karakteristik, kaitan atau sebab mengapa  berakhirnya hubungan tersebut.
Perlu bagi kamu untuk mempertimbangkan secara baik-baik sebahagia apa kamu menjalani hubungan tersebut dan apa yang membuatnya harus berakhir. Dengan demikian, kamu dapat berhenti mengidealkan jalinan asmara yang sebenarnya tidak indah.
Sikap jujur juga membantu kamu mempertanyakan apa sebenarnya peran kamu dalam putusnya hubungan asmara ini, karena hal tersebut dapat membantu kamu membuang kemarahan.

Jangan Tahan kesedihan, Bersedihlah

Akhir hubungan asmara terkadang berasa nyaris seperti layaknya kematian orang tercinta. Kamu boleh bersedih karena kehilangan kehilangan seseorang yang kamu cintai.

Emosi yang menyakitkan tak dapat dihapus begitu saja. Bahkan, kamu akan merasakan rasa sakit yang akan jauh lebih gampang diatasi bila kamu melawan emosi dengan tidak beranggapan apapun.

Berusaha memaksa pikiran hanya akan membuat hal tersebut lebih kuat. Bahkan kamu bisa jadi mulai memimpikan mantan bila tak mengizinkan diri merasakan seluruh emosi serta pikiran tersebut.

Menangislah bila kamu mau, tak perlu ada yang harus ditahan dan dipendam. Kamu akan merasa lebih baik setelah mengeluarkan seluruh emosi dalam tangisan dibanding memendam perasaan selamanya.

Carilah bantuan yang kamu butuhkan

Putus cinta bisa berdampak serius pada kesejahteraan fisik maupun mental, khususnya jika kamu masih memikirkan tentang mantan beberapa bulan kemudian. Putus cinta telah diasosiasikan dengan menurunya sistem kekebalan tubuh dan meningkatkana risiko terkena penyakit. seseorang yang belum bisa mengabaikan putus cinta dalam 16 minggu bahkan dapat merasakan perubahan fisik di otak yang bisa mengurangi motivasi, konsentrasi, serta emosi. dirasa butuh bagi kamu untuk menelusuri pertolongan profesional sebelum kebugaran fisik mulai terganggu, tentu lebih baik mencegahnya dari pada mengobati.
Terapis bisa menolong dengan mendengarkan, dan mensuport kamu untuk melawan perasaan tersebut, serta mengajarkan metode baru buat mengatasi rasa sakit itu tentunya.

Ingatkan diri kamu untuk melepas semuanya.

Ada berbagai teknik perilaku yang bisa dicoba untuk menyudahi pikiran obsesif tentang mantan. Semua teknik ini tergantung pada kemampuan kamu untuk bisa mengakui jika suatu pikiran tentang mantan memasuki pikiran kamu dan memutuskan tindakan tertentu untuk mencegah agar tidak kembali lagi. Ingatlah bahwasanya teknik ini hanya bisa digunakan untuk pikiran obsesif. bila kamu belum bisa mengatasi perasaan dan membiarkan diri bersedih, kamu seharusnya tidak perlu berusaha untuk menekan/memaksakan pikiran.
kamu dapat mencoba memakai gelang karet di pergelangan tangan dan menggunakannya untuk menjentik tangan kamu setiap kali memikirkan mantan.
kamu bisa mencoba mencatat pikiran-pikiran mengenai mantan di atas selembar kertas dan setelah itu kamu membuangnya.
kamu dapat mencoba latihan visualisasi yang mengharuskan kamu memvisualisasikan adegan spesifik setiap kali pikiran itu muncul. Misalnya, kamu dapat memikirkan tkamu berhenti dalam upaya mengingatkan diri untuk berhenti melakukan apa yang sekarang kamu lakukan. bila kamu konsisten, asosiasi pikiran mengenai mantan serta kewajiban berhenti akan tercipta secara otomatis.

jauhi kontak dengan mantan.

meskipun kamu beranalogi ingin berteman dengan mantan, kamu sesegera mungkin berikan kesempatan terhadap diri sendiri buat menjauh darinya. kamu harus benar-benar pulih sepenuhnya sebelum mulai bergaul dengannya lagi.
Jika tidak mengambil waktu untuk memulihkan diri, kamu mungkin akan terus menganggapnya sebagai pasangan karena ikatan kamu tidak benar-benar diputuskan.
Pikirkan baik-baik mengapa kamu masih ingin berteman dengan mantan. bila kamu takut melewati hidup tidak dengan dia, kemungkinan itu hanyalah metode untuk menjauhi kesedihan karena asmara sudah berakhir.
Kebanyakan orang tidak berteman dengan mantan setelah putus cinta. Jangan bersusah hati jika rasanya ada yang salah, bahkan setelah kamu mengizinkan diri bersedih.

Singkirkan Barang-Barang Kenangan Bersama Mantan

bila kamu kebiasaan memikirkan mantan tiap kali menatap jam tangan yang dia hadiahkan atau koleksi DVD yang kamu beli bersama, atau baju coupel yang selalu digunakan bersama-sama. Bisa jadi kini saatnya untuk berpisah dengan barang-barang tersebut. Jika kamu tak ingin membuangnya, bisa dipertimbangkan untuk disumbangkan, dan singkirkan seluruh foto mantan dari rumah atau sudut-sudut ruangan yang sering kamu lihat.
Jika kamu tidak bisa menyingkirkan barang-barang milik bersama, mungkin akan membantu jika kamu merombak ruangan untuk menghadirkan energi baru dengan mengganti warna cat dinding atau menata ulang perabot. Ini akan bikin ruang tersebut sebagai milik kamu, bukan ruang yang pernah kamu gunakan bersama dengan mantan.

Jangan Ingin Mengetahui (kepo) Kabar Mantan

kamu tak akan pernah dapat berhenti memikirkan mantan bila kamu terus melihat pembaruan statusnya di ponsel kamu sepanjangwaktu. meskipun hubungan asmara berakhir dengan tidak saling benci, sebaiknya kamu berhenti berteman dengan mantan di media sosial. disamping itu, sebaiknya kamu juga tak lagi mengambil rute melalui rumah mantan ketika berangkat kerja atau bertanya kabar mantan kepada teman-temanya, karena walaupun berteman baik terkadang akan mengingatkan kembali masa-masa bersama sang mantan.

Memperluas Pergaulan

Menghabiskan waktu-waktu dengan teman-teman serta keluarga akan menolong memfokuskan pikiran terhadap seluruh aspek positif dalam hidup kamu. kamu juga bisa menggeluti hobi serta kegiatan yang amat kamu sukai, terutama bila dahulu mantan kamu menghambat kamu melakukannya.
bila kehidupan sosial kamu berputar di sekitar mantan, kamu sesegera mungkin keluar serta menelusuri teman baru. Cobalah bergabung dalam klub atau berpartisipasi dalam aktivitas sukarela supaya bisa bertemu dengan orang baru, bila kamu sebelumnya mengunggulkan mantan buat memperoleh dukungan emosional, cobalah unggulkan orang yang bukan kekasih buat menemukan dukungan layaknya dukungan dari orang tercinta, dan akan lebih baik jika berdoa kepada sang pencipta untuk mendapatkan energi baru.
kamu bisa jadi bingung karena tak mempercayai berapa banyak dukungan yang sesungguhnya kamu miliki. Menyibukkan diri akan benar-benar menolong kamu melupakannya lebih baik dan cepat. jika kamu memikirkan mantan secara mengebu-gebu ketika di rumah sendirian, cobalah untuk mencari kegiatan yang terjangkau untuk dilakukan, seperti makan malam dengan seorang teman, mengunjungi toko buku, mengunjungi museum sendirian, atau hanya sekedar jalan-jalan

Pikirkan Masa Depan Kamu

kamu bisa jadi sudah merencanakan masa depan dengan sang mantan, jika demikian adanya, wajar bila kini semuanya berasa tak pasti bahkan seperti hancur. Usahakan berfokus terhadap aspek positif dengan mengingat seluruh Perihal hebat yang dapat kamu capai serta akan kamu capai di masa depan tanpa ada ikut campur mantan, Usahakan juga buat menikmati hidup kamu saat ini. meskipun kamu ingin menjalin hubungan, kehidupan lajang juga memberi pilihan kesenangan tersendiri, jadi cobalah menikmatinya selagi bisa.

Mungkin cukup tips dan teknik-teknik yang bisa diulas diartikel kali ini, jika kamu punya tips tambahan atau ada yang ingin diceritakan silahkan komen dibawah ya, bilamana bermanfaat silahkan dishare ke teman-teman kamu.